Rabu, 08 Juli 2015

Sejarah Ford Focus, dari Generasi ke Generasi

Hay Guys,  Kali ini saya mau share seputar tentang Ford Focus. 

Ford Focus adalah mobil kompak yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat, Ford sejak tahun 1998 sampai sekarang untuk pasar global. Focus dibuat dalam bentuk sedan 4 pintu, Hatchback 3 dan 5 pintu, Coupe Cabriolet 2 pintu, serta wagon 5 pintu. Focus pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2005.

Focus merupakan mobil yang digunakan oleh ford dalam kejuaraan rally dunia/ World Rally Championship (WRC) dari tahun 1999 sampai 2010. Dengan mengandalkan Focus RS WRC bermesin turbo 2.0 liter dan penggerak 4WD, Ford berhasil menjadi dunia manufaktur WRC pada tahun 2006 dan 2007.



WRC




Generasi Pertama (1998-2003)
Focus ini adalah pengganti dari Ford Escort. Mesin yang digunakan oleh Focus adalah jenis Zetec berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.4, 1.6, dan 1.8 liter, Duratec bensin berkemampuan tinggi 2.0 liter, serta mesin diesel TDCi 2.0 liter.
Pada tahun 2002 diluncurkan model sporty Focus ST170, dan model berkemampuan tinggi Focus RS.








Showroom Ford Jaksel
Generasi Kedua (2004-2011)
Untuk generasi kedua ini terdapat dua versi.


  • Versi Amerika
    Untuk Amerika, Focus hanya tersedia dalam bentuk Coupe 2 pintu dan sedan 4 pintu. Mesin yang digunakan 2.0 liter Duratec. Selain itu, ada juga Focus FVC yang bertenaga fuel cell hydrogen
  • Versi GlobalFocus versi Eropa atau versi global dijual di Eropa, Australia, serta negara-negara Asia termasuk Indonesia. Focus yang tersedia disini adalah Sedan dan Hatchback bermesin 1.8 dan 2.0 liter bensin, serta mulai tahun 2009 Hatchback bermesin diesel 2.0 liter.
Showroom Ford Jaksel
 Generasi Ketiga (2011-Sekarang)
 Untuk generasi ini Focus untuk Amerika Serikat memiliki body yang sama dengan versi Eropa atau Versi Global dengan gaya kinetic Design. Untuk pasar Amerika Focus dijual dalam bentuk Sedan dan HHatchback yang hanya tersedia dengan mesin bensin 2.0 liter. Di Eropa juga ditawarkan Focus Station wagon, serta pilihan mesin bensin 1.0 liter turbo Ecoboost, 1.6 liter Duratec, 1.6 liter turbo Ecoboost, 2.0 liter Ecoboost, dan mesin diesel 1.6 liter dan 2.0 liter Duratorq. Sedangkan di Indonesia menggunakan mesin 1.6 liter seperti fiesta generasi awal dan 2.0 liter Duratec Gasoline Direct Injection belakangan hanya mesin 2.0 liter Duratec GDI yang ditawarkan di Indonesia.
Berikut ini gambar-gambar Ford Focus terbaru :


Showroom Ford Jaksel

Showroom Ford Jaksel

Showroom Ford Jaksel
Ok guys, itulah artikel tentang generasi-generasi Ford Focus, Semoga bermanfaat ya guys..
tetep kunjungin blog ini ya Showroom Ford Focus

Sumber : Wikipedia    Gambar : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar